SELAMAT DATANG DI BAGAS WEBSITE, FIAN CELL PACARKELING SURABAYA, DILARANG COPY ISI BLOG INI KE BLOG LAIN, TINGGALKAN KOMENTAR, KRITIK DAN SARAN Handphone mati dan solusi sederhana | Bagas website fian cell pacarkeling surabaya Bagas website fian cell pacarkeling surabaya: Handphone mati dan solusi sederhana

Translate

  FIAN CELL SURABAYA

TERIMA REPARASI HANDPHONE, TABLET, IPAD & KOMPUTER


TERIMA REPARASI MESIN FOTOCOPY KYOCERA & CANON

Wednesday 13 May 2015

Handphone mati dan solusi sederhana

Berjumpa lagi dengan saya dalam tips trik hanphone, ipad dan tablet. Kali ini saya akan memposting tentang Handphone mati dan solusi sederhana, untuk yang ini, bisa membuat anda bingung, panik sekaligus stress, bayangkan saja handphone anda tercinta tiba tiba mati saat anda asyik telpon, sms, atau yang lain. Banyak kemungkinan yang bisa membuat sebuah handphone mati antara lain jatuh, kecemplung air, tertindih, konslet tiba tiba atau penggunaan lain yang bisa menyebabkan handphone itu mati.

Sekitar 75% kerusakan pada handphone disebabkan karena penggunaan yang salah oleh si pemilik handphone. Untuk garansi handphone itu sendiri akan otomatis hangus atau dianggap tidak bergaransi oleh service center dari merk handphone itu walaupun kita beli baru dan walaupun garansi handphone itu masih ada. Untuk handphone yang mati karena jatuh, kerusakan biasanya terletak pada kaki kaki ic (integrated circuit) yang retak atau tidak terhubung lagi dengan mainboard, dikarenakan kaki ic sangat kecil maka rentan terhadap guncangan keras, dan bisa juga retaknya kaki konektor baterai yang terhubung ke mainboard sehingga baterai tidak bisa menyalurkan daya ke mainboard. Untuk kasus mati karena kena air, sangat disarankan untuk segera ditangani karena kalau tidak, mainboard dan komponen yang pada handphone bisa konslet, karatan, keropos dan yang paling parah bisa rontok dan terlepas dengan sendirinya. Untuk yang mati karena konslet dengan sendirinya dan bukan karena air biasanya kerusakan terletak pada komponen yang disebut ic pa (power amplifier).

Konslet sendiri sebenarnya dibagi menjadi 2 yaitu konslet nyala dan mati, untuk konslet nyala, handphone tetap hidup tetapi baterai menjadi cepat habis dan bila baterai dalam keadaan kosong lalu anda melakukan proses charging atau isi daya baterai, maka baterai tidak akan pernah bisa terisi yang menyebabkan handphone tidak bisa nyala, untuk konslet mati bisa dilakukan penggantian pada komponen yang konslet biasanya setelah diganti handphone akan nyala kembali.

Apa saja yang harus anda lakukan jika handphone anda mati ialah dengan memeriksa secara langsung pada fisik mainboard serta komponen yang menempel pada mainboard dan agar proses perbaikan lebih cepat anda harus mengetahui penyebab handphone tersebut mati khususnya yang terkena air, untuk alat bantu pemeriksaan antara lain.

- Avometer (saya gunakan avometer manual).

- Power supply.

Langkah langkah:

1. Pindahkan skala avometer ke x10 atau x100, tempelkan kabel positif avometer warna merah ke konektor baterai positif handphone atau yang sering dinamakan vbatt, lalu tempelkan kabel negatif avometer ke konektor baterai negatif handphone atau yang sering disebut ground, perhatikan pada jarum avometer, jika jarum bergerak maju berarti normal tapi jika diam berarti ada jalur yang putus pada konektor baterai baik positif maupun negatif. Bongkar handphone dan periksa pada jalur positif dan negatif dengan melihat melalui skema handphone, jika ketemu segera lakukan sambungan pada jalur yang putus dengan kabel atau yang dinamakan jumper.

Handphone mati dan solusi sederhana

2. Setelah itu tempelkan kabel positif avometer ke konektor baterai negatif handphone dan kabel negatif avometer ke konektor baterai positif handphone, perhatikan kembali jarum avometer, jika diam atau bergerak maju lalu kembali ke posisi semula berarti normal, tapi jika jarum bergerak maju dan tidak kembali ke posisi semula dipastikan handphone konslet. Solusinya bongkar handphone sampai terlihat mainboardnya saja, lalu periksa pada jalur positifnya atau vbat karena pada komponen yang dilalui vbat ini yang menjadi penyebab konslet tersebut, bisa juga dengan melihat skema disitu akan terlihat komponen mana saja yang dilalui vbat tanpa harus mencari cari dengan avometer.

3. Setelah anda mengetahui komponen apa saja vbat itu, tempelkan kabel negatif warna hitam power supply ke konektor baterai negatif handphone dan kabel positif warna merah power supply ke konektor baterai positif handphone, lalu raba pada ic yang dilalui vbat, jika terasa panas kemungkinan ic tersebut yang konslet, jika tidak terasa panas, coba cabut komponen yang dicurigai terutama kapasitor dan ic pa, dan coba periksa lagi dengan avometer sampai tidak ada konslet. Hati hati pada saat pencabutan komponen ic jika anda belum pernah bongkar pasang ic karena untuk komponen yang satu ini diperlukan keahlian khusus karena kesalahan pada saat pencabutan atau pemasangan ic bisa menyebabkan kerusakan pada ic itu sendiri atau pada mainboard karena panas yang berlebihan, sehingga kaki pada mainboard terkelupas dan akan sangat sulit sekali untuk menyambungnya.

Handphone mati dan solusi sederhana

4. Untuk pemeriksaan konslet dengan power supply langkahnya sama, perbedaannya cuma kalau ada konslet, power supply akan berbunyi keras, dan jarum ampere bergerak maju tak terbatas. Pemakaian alat ini lebih mudah dibanding memakai avometer karena anda tidak perlu bersusah payah melihat jarum, dan keuntungan lain ialah anda bisa menyalakan handphone dengan memakai alat ini, sebagai pengganti baterai saat pemeriksaan, walaupun alat ini memang sedikit mahal.

5. Jika konslet karena air, bongkar handphone lalu bersihkan mainboard dari air, hingga tidak ada air sedikitpun pada mainboard, lalu periksa lagi dengan cara yang sama seperti pada langkah nomor 1 dan 2, dan solder ulang komponen yang terkena air karena biasanya ada yang hangus dan retak dikarenakan tersambungnya komponen komponen yang tidak seharusnya tersambung, karena fungsi air seperti tembaga yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik.

6. Jika setelah diperiksa ternyata tidak ada konslet, nyalakan power supply dan set voltage ke 3,8v atau sampai dengan 4.0v, tempelkan kabel positif warna merah power supply ke konektor baterai positif handphone dan kabel negatif warna hitam power supply ke konektor baterai negatif handphone, coba anda nyalakan handphone, jika nyala berarti kemungkinan baterai yang rusak atau kotor pada konektor baterai dan mainboard, bersihkan kedua konektor tersebut lalu nyalakan lagi, jika masih mati, ganti dengan baterai lain.

7. Setelah melalui langkah langkah diatas, maka handphone anda sudah nyala normal, selamat sekarang anda sudah bisa memperbaiki handphone anda sendiri.

Tested 100% by riki arfian.

Mohon tinggalkan pesan, karena dengan begitu anda adalah orang yang menghargai kerja orang lain, terima kasih.

 Handphone mati dan solusi sederhana

14 comments:

  1. image samsung galaxy fame full short/koslet

    ReplyDelete
  2. Kalo mati karena tertindih apanya yang tusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tertindih apa dulu nih? mobil, orang atau yg lain? kalo mati coba yg mudah dulu yaitu ganti baterai, kalo masih belum nyala berarti banyak kemungkinan, bisa jalur pwbnya, kaki ic atau ic itu sendiri yg rusak, komponen lain selain ic juga bisa rusak, yg terakhir bisa saja konslet. untul pembuktian pastinya ya harus dibongkar lalu di tes pakai alat ada alat reparasi untuk melihat bagian mana yg rusak

      Delete
  3. saya punya 2 hp nokia 105 microsoft dan nokia 130. kalaun hp kena goncangan pasti selalu mati sendiri kenapa ya. padahal itu saya baru beli. contoh saya letakan di meja dengan adanya goncangan yg pelan pasti mati. apa lagi di ajak berpergian. pasti tidak akan ke pake ini hp. karna hp tiba-tiba mati ketika di dalam saku atau tas ketika dibawa jalan pasti mati. jadi sangat mengganggu apabila ada telepon dan sms penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa udah ganti baterai?? kalau belum coba cek pada baterai terutama di konektornya yg warna kuning kuning, biasanya penyakitnya disitu, coba rapetin lagi konektornya pake pinset, kalo udah ganti baterai coba cek di konektor baterai pada hp juga warna kuning kuning, kalo bisa pake avometer, kalo tidak konek harus di solder ulang, kemungkinan terakhir pada bagian hardware misal ic, jalur dan sebagainya

      Delete
  4. hape famesaya kadang bisa hidup setelah 6 jam di laepas batrenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya bagian ic (cpu, flash power) sudah tidak bekerja dengan baik atau bisa juga karena konslet, cara ceknya coba pake power supply, lihat pada jarumnya (analog) jika belum ditekan tombol power ternyata jarum ampere udah naik maka hp tersebut konslet, coba cari mana yg konslet dengan avo pertama coba cek di baian kapasitor dan transistor, tapi kalo jarum tidak naik biasanya di bagian ic, kalo udah begitu susah cari komponennya,

      Delete
  5. Gan, bisa service azus kecemplung air ga? kondisi mati total, berharap minimal bisa diselamatkan data2 di memori internal. bisa hub kemana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo selama rusak di software bisa tapi kalo udah rusak di hardware harus lihat dulu mana yg rusak, kalo ic flash atau emmc yg rusak ya tidak bisa dibaca datanya karena ic tadi buat simpan data yg masuk ke hp, tapi kalo komponen lain ada kemungkinan bisa tapi dengan catatan hp tidak buanyak yg rusak karena biayanya mahal dan sparepartnya ada, hpnya merk apa? apa udah

      Delete
    2. coba di konek komputer dalam keadaan baterai terpasang, kalo komputer mendetek mungkin masih ada kehidupan tapi kalo tidak ya harus dibongkar dulu untuk lebih pastinya, hp merk apa ?? udah berapa hari,minggu atau bulan matinya / dibiarin mati?? apa udah dibawa ke tukang servis lain???

      Delete
  6. batrai 90% jika terkena goncangan mati terus jika di nyalakan susuah jikandi charger isinya jadi 1%

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya di ic nya seperti ic cpu dan power, harus dicek dulu biar pasti

      Delete
    2. coba ganti baterai dulu atau pakai power supply biar pasti

      Delete

fixedbanner
fixedbanner2