SELAMAT DATANG DI BAGAS WEBSITE, FIAN CELL PACARKELING SURABAYA, DILARANG COPY ISI BLOG INI KE BLOG LAIN, TINGGALKAN KOMENTAR, KRITIK DAN SARAN Mengatasi alat elektronik yang nyetrum saat dipegang | Bagas website fian cell pacarkeling surabaya Bagas website fian cell pacarkeling surabaya: Mengatasi alat elektronik yang nyetrum saat dipegang

Translate

  FIAN CELL SURABAYA

TERIMA REPARASI HANDPHONE, TABLET, IPAD & KOMPUTER


TERIMA REPARASI MESIN FOTOCOPY KYOCERA & CANON

Sunday 26 April 2015

Mengatasi alat elektronik yang nyetrum saat dipegang

Bagi orang yang bergelut dalam bidang elektronika maupun orang awam pasti sudah pernah merasakan yang namanya tersengat listrik baik melalui stop kontak maupun alat alat elektronik yang kita miliki, pasti akan terasa sakit pada tangan atau tubuh kita yang akhirnya kita jadi trauma saat akan menyentuh benda itu lagi, jadi...pada artikel saya kali ini yaitu mengatasi alat elektronik yang nyetrum saat dipegang, saya akan sekaligus berikan solusinya.

Adanya setrum atau sengatan listrik yang ada pada body alat alat elektronik itu dikarenakan karena bias pada komponen di dalamnya atau ada kebocoran listrik yang tersambung langsung pada body alat dan alat tersebut tidak dapat menetralkannya, seperti pada saat dulu saya memperbaiki bagian elektronik di service fotocopy. Tegangan yang keluar pun bermacam macam ada yang 50v, 110v dan lain lain yang tentunya bisa berbahaya bagi kita apalagi bila tersentuh oleh anak kecil dan berbahaya bagi alat itu sendiri dalam jangka panjang, serta daya listrik yang keluar bertambah akibatnya biaya listrik akan bertambah juga.

Tapi tidak usah kuatir, semua itu bisa diatasi dengan trik yang akan saya jabarkan dibawah ini, dan trik ini sudah saya coba pada alat alat elektronik saya yang ada dirumah dan hasilnya 100% aman, oke langsung saja kita tengok kebawah.

Bahan bahan :

1. Kabel, pakai yang dalamnya berisi 1 tembaga agak besar, jangan pakai yang dalamnya tembaga serabut, agar bagus saat mengalirkan listrik dan tidak mudah putus.

2. Jepitan dari besi atau tembaga.

3. Paku besar.

Langkah langkah :

1. Kupas kulit kabel sepanjang kira kira 10 cm hingga terlihat tembaganya.

Mengatasi alat elektronik yang nyetrum saat dipegang

2. Lilitkan tembaga pada kabel ke paku, usahakan tembaga menempel rapat pada paku dan tembaga tidak mudah lepas dari paku.

3. Gali tanah sedalam kira kira setengah meter atau kurang dari setengah meter atau lebih dalam lagi lebih baik, lalu masukan paku yang terlilit kabel tadi ke tanah dan tutup lubang tanah tadi hingga paku tidak terlihat.

Mengatasi alat elektronik yang nyetrum saat dipegang

4. Kupas ujung kabel yang satunya hingga kelihatan tembaganya lalu lilitkan tembaga pada jepitan besi, usahakan tembaga menempel rapat pada jepitan besi tadi dan kabel tidak mudah lepas dari jepitan.

5. Kaitkan jepitan besi tadi ke badan alat eletronik yang nyetrum tadi.

6. Selesai, silakan dipegang saya jamin tidak akan nyetrum lagi.

So sobat jangan lupa komentarnya ya..?? itu berarti anda menghargai jerih payah saya, terima kasih..!!

Mengatasi alat elektronik yang nyetrum saat dipegang

22 comments:

  1. ide yang bagus... saya akan coba bro... makasih ya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. lega bisa membantu, sering sering berkunjung

      Delete
  3. Solusi yg bagus, namun jika mendesak, nggak ada waktu untuk menggali tanah sedalam setengah meter dan nyari peralatan yg lain. Coba cara ini : baliklah colokan yg ke Stop contak PLN. Yg tadinya + jadi - dan yg - jadi plus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalo waktu mendesak hanya untuk gali tanah setengah meter kayaknya mustahil, saya saja orang sibuk mas tiap hari pulang kerja dari pagi sampe sore lalu jam 7 malam kerja lagi saja masih sempat gali tanah lebih dari setengah meter, mungkin mas andreas lagi di suriah atau di daerah perang lainnya jadi kalo mau gali tanah gak sempat karna takut ketembak musuh hahaha becanda mas, cara yg mas tadi bilang sudah saya praktekan dan hasilnya nihil, ceritanya saya punya blower / alat pemanas yg waktu itu keluar setrum lalu saya coba balikan colokan seperti yg mas bilang dan hasilnya setrum tidak hilang tapi malah besar setrumnya

      Delete
    2. lalu saya praktekan cara saya seperti di posting di atas dan hasilnya setrum hilang lang, setelah itu saya tidak lagi kaget tiap kali pegang alat yg nyetrum tadi karna udah tidak nyetrum lagi

      Delete
    3. mas kalo gali kurang dari setengah meter juga tidak apa

      Delete
    4. mas andreas terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar, saya tunggu komentar lainnya

      Delete
  4. saya terkendala untuk menggali tanah setengah meter atau 20 cm saja. Karena rumah sudah full keramik, trus masalahnya lagi di lantai 2. Saya jg sudah mempraktekkan cara dari mas Andreas Spk. (colokan dibalik), hasilnya sedikit membantu, karena masih ada sedikit strum yg berasa seperti mencubit.
    kalo di paku ke tembok kira2 membantu ga ya? atau ada solusi lain? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya, begini mas prayitno, kalau saya biasanya kalo kebetulan tempat saya tertutup maka saya coba cari celah diantara keramik tersebut, pasti kan ada sedikit celah, biasanya saya cari yang paling sudut atau dibawah meja tapi tetap yang paling sudut maksudnya yang menempel langsung dengan tembok, buat lubang diantara keramik dan tembok itu pake paku kecil atau kalau ada bor tembok kecil bisa pakai itu, tidak perlu terlalu dalam maksudnya sebisa yang saya bisa asalkan paku itu bisa masuk semua atau sedikit, setelah saya masukan pakunya saya coba pegang peralatan yang nyetrum tadi dan setrum hilang kalau belum coba masukan pakunya sedikit lagi sambil pegang sedikit peralatan tadi seperti saya dulu sampai pakunya hilang, cara kerjanya mirip penangkal petir mas jadi harus ada grounding atau disalurkan ke tanah

      Delete
    2. oya maaf saya lupa kalau mas prayitno di lantai 2, begini mas kalau mau hasilnya sempurna ya harus pakai kabel extra untuk bisa grounding ke tanah mas, kalau tembok kan bukan penghantar listrik mas,jadi ya tidak akan bisa, atau coba cari besi yang mungkin dekat dengan kamar anda biasanya berupa penyangga talang atau tangga besi yang langsung ketanah atau benda lainnya yang merupakan penghantar listrik, kalau ada coba kaitkan kabel yang tersambung ke peralatan yang dimaksud ke besi tersebut

      Delete
  5. Ntap tapi rumah ku dari lantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa rumah anda tidak ada lubang sekecil apapun untuk bisa lihat keluar?? ya pasti ada kan?? caranya pakai kabel tambahan yang lebih panjang hingga bisa capai keluar kalau tidak ada jendela anda bisa keluarkan kabelnya melalui plafon atau lubang yang bisa tembus keluar rumah

      Delete
  6. Tanah? Dalam rumah mana ada tanah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bilang harus didalam rumah siapa mas? kan saya bilang bisa taruh pakunya di dalam rumah atau diluar, baca balasan balasan saya diatas

      Delete
  7. Ac saya sudah pasang bodi outdoornya dipegang bisa setrum,apa sebabnya dan solusinya,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sebabnya harus dicek langsung mas, solusinya coba baca lagi postingan saya

      Delete
  8. Klo dinamo /kipas mungkin short dinamonya. Biasanya pelindung/mika gulungan pecah akibat panas.

    ReplyDelete

fixedbanner
fixedbanner2